Penyebab Paket Kiriman Menjadi Rusak

Apakah Anda pemilik toko online? Atau punya bisnis produk yang pengirimannya bergantung pada jasa pihak ketiga? Anda bingung bagaimana cara mengemas kiriman dengan cara yang aman untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman khususnya untuk pengiriman ke luar negeri misal untuk kirim paket ke australia?

Melalui artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips agar paket yang akan dikirim melalui ekspedisi lebih aman. Tentunya Anda juga bisa mempelajari sifat-sifat masing-masing bahan yang sering dijadikan kemasan.

Kerusakan barang dalam proses pengiriman jasa kurir pada umumnya disebabkan oleh:

Getaran, guncangan, dan benturan

Hal ini biasanya dialami oleh barang kiriman yang jatuh saat transfer (proses bongkar muat). Seringkali, parsel yang dikirim melalui darat rusak karena kondisi jalan raya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengemas paket dengan bahan yang dapat meredam getaran.

Tekanan

Kekuatan material packing dalam hal ketahanan terhadap tekanan bervariasi. Sehingga jika kemasan memiliki banyak tumpukan benda yang lebih berat, bukan hanya kemasan luarnya saja yang rusak. Item yang dilindungi oleh kemasannya juga berisiko rusak. Oleh karena itu, pastikan Anda mengemas paket dengan bahan yang dapat menahan tekanan.

Kondisi basah atau lembab

Jenis barang tertentu bisa rusak karena terkena air atau kondisi lembab. Adakalanya jika seorang kurir yang ingin mengirimkan barang terjebak dalam situasi banjir, tentunya resiko ini dapat terjadi. Oleh karena itu, pastikan Anda mengemas paket dengan bahan anti air.

Cara mengemas suatu paket yang baik, adalah mengetahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri barang yang akan dikemas. Selain itu, pemilihan jenis bahan untuk pengemas juga harus diperhatikan.

Terlalu hemat bahan kemasan untuk pengepakan dapat menghemat biaya dalam hal biaya pengemasan. Namun, Anda harus siap menerima resiko jika barang menjadi rusak pada saat proses pengiriman. (Baca juga: Alur dan Proses Jasa Kurir Pengiriman.)

Terlalu banyak penggunaan bahan kemasan untuk pengemasan akan memboroskan pengeluaran Anda. Apalagi jika barang yang Anda kemas banyak. Maka pilihlah bahan pengemas yang tepat dan sesuai dengan karakteristik barang yang akan dikemas.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label